Monitoring ke Pasar Rangkasbitung

Lebak, 2 Juni 2022 -Dinas ketahanan pangan melakukan monitoring dan evaluasi harga secara rutin ke pasar Rangkasbitung dan pasar-pasarlainnya yang ada di wilayah provinsi Banten khususnya pasar utama kabupaten/kota. Pada kesempatan kali ini petugas monev mengunjungi pasar Rangkasbitun kabupaten Lebak dimana lokasinya yang sangat strategis yang berada di jantung kota kabupaten Lebak yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Rangkasbitung.

Pangan Pokok adalah Pangan yang diperuntukkan sebagai makanan utama sehari-hari sesuai dengan potensi sumber daya dan kearifan lokal selain itu pula pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.  

Negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal.

Sebagai Negara dengan jumlah penduduk yang besar dan di sisi lain memiliki sumber daya alam dan sumber pangan yang beragam, Indonesia harus mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara berdaulat dan mandiri, begitu juga di Banten.

Pemantauan harga dan pasokan pangan pokok strategis baik di pasar atau konsumen terus di lakukan setiap hari oleh Petugas Enumerator Harga Kota Tangsel. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi kali ini dilaksanakan pada Rabu (05/05/2021). Monitoring dilakukan di beberapa penyosohan, hingga pasar tradisional untuk memantau stok pangan maupun harga pangan di Kota Tangsel. Kegiatan ini juga mendukung upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok strategis. Kegiatan monitoring kali ini bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel.

Informasi yang didapat dilapangan merupakan data yang sangat penting yang akan diolah dan dikirimkan kepusat sebagai salah satu bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di tingkat Kota Tangsel hingga tingkat Nasional.