Telp: (0252) 201907 - Email: disketapang@lebakkab.go.id

Benarkah Makan Ubi Ungu Ampuh Membuat Berat Badan Turun?

Jika Anda penggemar ubi, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan ubi ungu, dan siap-siap ketagihan dengan makanan satu ini. Pasalnya, ubi ungu memiliki tekstur lembut, legit dan rasa yang manis. Selain enak, ubi ungu ternyata juga kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh. Apabila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, ubi ungu wajib dimasukkan ke dalam daftar menu diet. Simak manfaat ubi ungu selengkapnya di bawah ini.

Berdasarkan penelitian, ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan

Satu penelitian yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food ini menemukan bahwa ekstrak ubi ungu mampu menyusutkan sel-sel lemak. Namun, masih belum diketahui apakah ubi ungu menawarkan manfaat menurunkan berat badan yang sama bagi manusia atau tidak. Itu sebabnya, dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan.

Meski penelitian tentang manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan masih dalam tahap awal, tapi ada beberapa hal yang membuat makanan ini layak untuk dikonsumsi jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan.

Manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan

1. Kaya akan serat

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang, ubi ungu lebih tinggi kandungan seratnya.

Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi 15 persen dari nilai harian asupan serat. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat. 

Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, serat membuat Anda merasa kenyang setelah makan dan mennjaga nafsu makan.

Ubi ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biomedical and Enviromental Science, diet yang kaya akan pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas.

Selain itu, asupan serat yang cukup juga dapat menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah, melindungi dari dari penyakit kardiovaskuler, serta mengurangi risiko kenaikan gula darah. 

2. Mengandung karbohidrat kompleks

Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Sekilas hal tersebut mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi karena rendah kalori dan tinggi nutrisi, ubi ungu dapat memberikan Anda asupan energi tambahan yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Selain itu, kandungan karbohidrat sehat ini juga membantu otak Anda memproduksi glukosa, yang dapat meenjaga konsentrasi dan membuat Andaokus. Tentu, hal ini penting bagi Anda supaya bisa tetap fokus menjalani diet.

3. Membantu mengontrol gula darah

Warna ungu dari ubi ungu berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin. Hal ini membuat ubi ungu memiliki manfaat untuk membantu mengelola kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi dari penyakit diabetes.

Apakah anda pernah mendengar tentang bayam merah? Ya, ternyata selain bayam hijau yang selama ini kita kenal, bayam juga ada yang memiliki warna merah. Mungkin di antara kita banyak yang hanya mengetahui bayam yang memiliki daun berwarna hijau. Sebagai informasi, bayam merah juga ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang tidak kalah banyaknya dengan bayam hijau. Bahkan, bayam merah juga dipercaya bisa bermanfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Cara mengkonsumsi bayam merah cukup simpel. Bayam merah bisa digunakan sebagai salad, atau dimasak dengan tambahan bumbu tertentu.

Bayam merah dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, begitu pula di daerah dengan iklim subtropics seperti negara – negara di Amerika. Walaupun begitu, bayam merah akan tumbuh lebih subur jika ditanam di daerah tropis dimana matahari bersinar sepanjang tahun.

Daun bayam merah berbentuk membulat, tebal dan dengan warna merah di keseluruhan batang pohon hingga daunnya. Untuk rasanya, bayam merah memiliki sensasi sedikit rasa manis dan secara keseluruhan, rasa bayam merah tidak jauh berbeda dengan rasa bayam hijau.

Kandungan Gizi Bayam Merah

Bayam merah terbukti rendah akan kalori tinggi akan kandungan berbagai mineral yang sangat berguna untuk tubuh. Selain itu, bayam merah yang masih segar dapat mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat tinggi. Berikut ini tabel kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram bayam merah, dan persentase berdasarkan jumlah kebutuhan gizi harian yang dianjurkan :

Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan

Jika anda baru mengetahui mengenai bayam merah, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi bayam merah. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Bayam merah menjadi salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan kita. Kandungan di dalam bayam merah dapat membantu mengatur kerja usus – usus kita. Seperti yang sudah disebutkan dalam tabel, bayam merah merupakan sumber serat yang sangat baik karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

  1. Membantu Mengobati Anemia

Kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan kita mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Bayam merah sendiri mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif sayuran yang bisa digunakan sebagai obat anemia. Cara menggunakan bayam merah sebagai obat anemia adalah dengan membuat jus bayam merah. Anda juga bisa menghaluskan bayam merah dan dijadikan pasta untuk campuran makanan lainnya. Atau, anda juga bisa mencampurkan bahan – bahan makanan lain yang alami seperti madu, air perasan lemon, atau telur pada pasta atau jus bayam merah yang sudah anda buat.

  1. Menyembuhkan Gangguan Ginjal

Kandungan yang ada di dalam bayam merah juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan atau masalah pada ginjal. Bayam merah sudah terbukti dapat membersihkan ginjal dan mengembalikan fungsi kinjal seperti sedia kala.

  1. Membantu Membersihkan Sistem Reproduksi Wanita

Jika anda seorang wanita yang baru melahirkan, bayam merah dapat digunakan sebagai detox. Dengan meminum jus bayam merah secara teratur, kandungan di dalam bayam akan membantuk mendetoksifikasi kotoran yang ada di dalam organ reproduksi setelah melahirkan.

  1. Mengobati Sakit Disentri

Batang bayam merah sangat baik untuk mengobati sakit disentri. Gunakan sepuluh batang bayam merah, cuci batang – batang tersebut kemudian haluskan menjadi pasta. Lalu beri sedikit garam untuk perasa, peras dan ambil airnya. Minum air perasan bayam tersebut selama sakit disentri berlangsung, dan disentri pun bisa segera sembuh dengan bantuan si bayam merah ini.

  1. Menyehatkan Rambut

Dengan air perasaan bayam merah yang sudah dicampur dengan garam, anda juga bisa membuat rambut menjadi lebih indah dan jauh lebih sehat. Cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu, jus perasan bayam bisa dengan cara langsung diminum atau dengan menjadikannya sebagai masker untuk rambut anda. kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi, membuat bayam sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan menguatkan akar – akarnya.

  1. Menyembuhkan Gigitan Hewan Berbisa

Tahukah anda jika bayam merah dapat mengobati luka akibat gigitan hewan ataupun serangga yang memiliki racun? Luka akibat gigitan hewan atau serangga beracun seperti kalajengking bisa disembuhkan dengan mengguanak bayam merah yang terlebih dahulu dihaluskan. Pasta bayam merah lalu dioleskan pada luka gigitan hewan tersebut.

  1. Membantu Memperbaiki Penglihatan (Kesehatan Mata)

Bayam merah mengandung vitamin A yang sangat tinggi yakni 248% untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh tubuh kita akan vitamin A. Vitamin A sendiri dapat berguna untuk memperbaiki sel – sel yang rusak, dan dapat juga untuk memperbaiki masalah atau gangguan pada mata

  1. Sebagai Makanan Diet Paling Ampuh

Tahukah anda jika bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan? Bagi anda yang sedang dalam program diet, memperbanyak mengkonsumsi bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bayam merah mengandung banyak serat, tetapi rendah akan lemak jenuh ataupun lemak trans, bahkan bayam merah sendiri rendah akan karbohidrat.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Bayam merah yang mengandung hampir lebih dari dari keseluruhan kebutuhan harian tubuh akan vitamin A atau sekitar 248%, menjadikan bayam sebagai sumber antioksidan yang jauh lebih baik dari sayuran manapun. Antioksidan dapat berguna untuk menangkal radikal – radikal bebas yang bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau sistem imunitas tubuh yang rendah dapat menyebabkan kita dengan mudah terserang penyakit. Dengan konsumsi bayam merah yang dikenal tinggi akan vitamin A, akan membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil.

  1. Mengobati Demam

Gunakan bayam merah untuk obat demam. Bayam merah sangat berguna untuk meredakan suhu badan yang tinggi dan demam dan dapat mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.

  1. Membantu Perkembangan Janin

Folat dan betain juga ternyata menjadi kandungan yang ada di dalam bayam merah. Apa gunanya Folat dan Betain? Kedua unsur ini sangat berguna dalam proses perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga ketika kelak lahir bayi tidak mengalami cacat bahkan cenderung menjadi anak yang pintar.

Efek Samping Bayam Merah

Manfaat bayam merah memang diyakini sangat banyak dan dapat menambah kebutuhan nutrisi manusia, namun tetap saja harus hati hati dalam konsumsi sayuran ini. Bayam merah memang mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, bayam merah seperti halnya bayam hijau dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan kita.

Tapi jangan khawatir, efek samping – efek samping ini jarang sekali terjadi. Perhatikan banyak bayam merah yang anda konsumsi, hal – hal yang berlebihan memang selalu menimbulkan hal yang tidak baik. Berikut ini efek samping yang mungkin bisa anda alami jika terlalu banyak mengkonsumsi bayam merah:

  • Sakit perut. Bayam merah memiliki kandungan serat yang banyak. Walaupun tubuh membutuhkan asupan serat, tetap saja, jika anda memakannya secara berlebihan dalam satu kali konsumsi, perut dapat mengalami mulas, kram perut, kembung bahkan diare. Satu tips yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi sakit perut setelah makan bayam adalah dengan banyak minum air putih.
  • Gigi terasa berpasir. Bayam merah seperti bayam hijau mengandung banyak asam oxalic. Asam oxalic sendiri mengandung kristal – kristal yang tidak dapat larut di dalam air. Mengkonsumsi bayam merah secara berlebihan akan membuat anda merasa seperti ada pasir pada gigi – gigi anda. Efek samping inilah yang biasanya sering terjadi jika seseorang makan terlalu banyak bayam merah.
  • Nutrisi kurang dapat diserap oleh tubuh. Seperti diketahui, bayam merah mengandung asam oxalic yang cukup banyak, megkonsumsi bayam merah dalam jumlah banyak akan menyebabkan tubuh kurang dapat menyerap nutrisi – nutrisi dalam bayam merah itu sendiri. Ini dikarenakan asam oxalic merupakan sejenis zat kimia yang akan mengikat zat besi serta kalsium. Tips untuk anda penyuka bayam merah, minum segelas jus jeruk setelah mengkonsumsi bayam merah. Vitamin C di dalam jus jeruk akan membantu tubuh menyerap nutrisi.

Manfaat bayam yang paling terasa adalah untuk menjaga kesehatan mata. Bayam adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin a paling tinggi.

Lebak, - (14/01/19) Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak hanya mengkonsumsi beras atau nasi sebagai bahan pangan pokok, tetapi juga berbagai macam bahan pangan. Salah satu bahan pangan yang sudah menjadi bahan pengganti nasi atau beras yaitu singkong. Secara ilmiah, singkong memiliki nama ilmiah Manihot utilissima. Di Indonesia sendiri singkong memiliki banyak sekali nama sebutan seperti ubi kayu, ketela pohon dan pohong. Singkong sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Tidak hanya umbinya saja yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan, begitupun daunnya biasa dimanfaatkan sebagai sayur.

Adapun ciri dari tanaman singkong yaitu dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 7 m berdaun menjari dan berwarna hijau. Untuk akarnya, singkong merupakan salah satu jenis tanaman berakar tunggang dengan sejumlah akar bercabang yang membentuk umbi dan dapat dimakan. Adapun ukuran singkong yang memiliki garis tengah sepanjang 2 cm hingga 3 cm dengan panjang umbi berkisar 50 cm hingga 80 cm. untuk umbinya sendiri memiliki kulit luar agak kasar berwarna coklat, sedangkan untuk daging buahnya berwarna putih hingga kekuning- kuningan. Di Indonesia sendiri singkong biasanya disajikan dengan cara direbus terlebih dahulu agar teksturnya lembut dan memiliki citarasa yang lezat. Singkong rebus selain memiliki rasa yang lezat, juga memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh anda.

 

Kandungan Nutrisi Singkong Rebus

  • Air
  • Kalori
  • Protein
  • Serat
  • Glukosa
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium
  • Sodium
  • Mangan
  • Selenium
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Vitamin A, B, C dan E
  • Folat

Manfaat Singkong Rebus

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada singkong rebus sangat baik bagi anda yang sering mengalami susah BAB ataupun sembelit, sehingga pencernaan anda akan lebih lancar.

  1. Menyembuhkan Diabetes

Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes, anda dapat menyembuhkan dan mengatasinya dengan mengkonsumsi singkong rebus secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Singkong rebus sangat bagus bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat dan kuat agar tidak mudah terkena gangguan ataupun penyakit.

  1. Mengatasi Kecanduan

Bagi anda yang ingin menghilangkan kebiasaan ataupun rasa kecanduan rokok dan alkohol dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi singkong rebus.

  1. Menghilangkan Mata Panda

Memiliki lingkaran hitam di sekitar mata dapat mengganggu penampilan anda, anda fdapat menghilangkannya dengan mengkonsumsi singkong rebus.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Bagi anda yang sering mengalami gusi berdarah atau ingin memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari penyakit gigi, anda bisa memanfaatkan singkong rebus.

  1. Mencegah Peradangan

Singkong rebus sangat efektif untuk mencehgah peradangan seperti radang tenggorokan dan lambung.

  1. Meredakan Asma

Bagi anda yang memiliki riwayat asma, anda dapat mengatasi dan meredakannya dengan mengkonsumsi singkong rebus setiap pagi.

  1. Mengatasi Nyeri Saat Batuk

Selain mengatasi asma, singkong ebus dapat meredakan rasa nyeri yang anda alami saat batuk.

  1. Memulihkan Penyakit Bronchitis

Singkong rebus juga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat penyakit bronchitis.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Jika anda mengkonsumsi singkong rebus secara berkala, anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi yang ada pada singkong rebus sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit anda, selain itu juga mampu menutrisi kulit anda dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Singkong rebus memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata anda, jika anda mengkonsumsinya secara teratur maka mata anda akan selalu terjaga kesehatannya.

  1. Mengatur Kadar Kolesterol

Singkong rebus juga dapat mengatur kadar kolesterol anda agar stabil.

  1. Meredakan Stress

Singkong rebus sangat bermanfaat bagi anda yang ingin meredakan stress, aroma serta rasa yang ada pada singkong rebus dapat menenangkan pikiran dan saraf anda.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Memiliki kadar gula darah berlebihan ataupun rendah sangat berbahaya untuk kesehatan anda, untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi singkong rebus secara berkala.

  1. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang ada pada singkong rebus sangat baik bagi anda yang sering mengalami anemia, selain dapat mengatasi anemia singkong rebus juga sangat baik untuk mencegah terjadinya gejala anemia.

  1. Mengatasi Lelah

Selain mengatasi anemia, singkong rebus juga dapat mengatasi lelah karena kandungan kalori dan karbohidrat yang baik.

 

Sajira, 27 Mei 2019- Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten menggelar acara Gelar pangan murah di Sajira tepatnya di Sajira Kabupaten Lebak, Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Para Retail, Fresh Mart Sajira Lebak serta Gapoktan yang ada di kabupaten Lebak semua ritel yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Murah ini begitu antusias karena produk yang mereka jajakan banyak diserbu masyarakat yang berdatangan sehingga berdesak-desakan takut tidak kebagian, pelayananpun hingga kewalahan untuk menangani para pembeli. Selasa (27/05/2019)
Berbagai macam produk yang tampilkan sangat beragam mulai dari beras berkualitas, telur ayam Omega, minyak sayur, daging ayam, dan sayur-sayuran serta masih banyak lagi produk-produk yang di tampilkan untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga pengunjung yang ingin membelipun berdesakan membuat para penjaga stand sangat kewalahan.

Para Panitia sedang Foto Bersama Jajaran dari Kab. Lebak dan para pengunjung
Bazar murah ini dibuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin berbelanja tidak beda-bedakan akan mendapatkan pelayanan yang sama karena ini terbuka untuk masyarakat yang ada di lingkungan sekitar, pada sebelumnya dari Dinas Ketahanan Pangan Provins Banten sudah melakukan koordinasi dengan Instansi terkait di Kabupaten Lebak termasuk dengan kelurahan Kadu Agung Sajira.

Pada acara kegiatan Bazar murah ini dibuka oleh Bapak Kabid Penyelenggaraan Ketahanan Pangan Provinsi Banten, untuk lokasi penyelenggaraan Bazar murah ini di taregtkan di beberapa titik wilayah yang sudah di mapingkan “ini adalah lokasi yang dipenghujung Ramadhan di Kabupaten Lebak” Ujar Bapak Dendi Hamadani
“Tidak ada larangan bagi siapapun yang mau membeli Gelar Pangan Murah, kami sudah melaksanakan koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kelurahan Kadu Agung Sajira untuk Masalah Lokasi dan masa yang hadir disitu, dan menurut hemat Kami. Siapapun boleh membeli, walaupun yang diutamakan masyarakat yang tidak mampu” pungkasnya. Selasa (27/05/2019)
Gelar Pangan Murah Provinsi Banten Tahun 2019 dilaksanakan dalam bentuk bazar pangan murah berkualitas untuk membantu masyarakat menengah ke bawah untuk mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga yang terbilang murah, jauh di bawah harga pasar kepada masyarakat merupakan barang yang langsung didapat atau yang langsung diproduksi dari para petani, atau gabungan dari para kelompok tani  serta pelaku produk olahan pangan

Harga lebih terjangkau karena bekerjasama langsung dengan ritel-ritel setempat dengan kualitas yang baik, hal ini diciptakan untuk memberi kenyamanan dan kepuasan masyarakat dapat berbelanja murah untuk kebutuhan sehari-sehari apalagi saat ini menginjak pada pertengahan Romadhon sehingga kebutuhan Ibu-ibu pun semakin meningkat hal ini yang membuat para warga berdatangan dari masing kampung untuk berbelanja karen gelar bazar murah ini berlangsung hanya sampai tengah hari tidak berlangsung sampe sore hari.
Masyarakat tidak perlu panik dalam memenuhi kebutuhan pangannya, karena stok komoditas pangan utama cukup dan harganya juga terjangkau, itulah sebabnya pemerintah menyelengarakan acara ini agar dapat mendongkrak stabilitas harga sehingga daya beli masyarakat dapat menjangkau kebutuhan bahan pangan pokok.
Kegiatan ini sebagai langkah proaktif Dinas Ketahanan Pangan provinsi Banten yang perlu didukung semua pihak dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan sekaligus aksesbilitas masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan dapat memperoleh harga yang murah dan terjangkau serta membantu petani memperoleh harga yang layak.

“Terima kasih atas kerjasamanya dari Dinas kabupaten Lebak, kami jug terimakasih atas partisipasinya dari Gapoktan Kabupaten Lebak Bapak Misna dan juga dari Prima Freshmart yang juga mendukung bazar murah di Sajira harga dibawah harga pasar yang tentu saja untuk sembako bahan pokok yang ada dari mulai beras kemudian juga dari Freshmart yaitu ada gula minyak goreng, dan kebutuhan lainnya kemudian juga ada ikan dan juga ada hasil dari pada ibu-ibu kader maupun KWT yang ada di Lebak “ Pungkas Ibu Eli sebagai Kasi Ketersediaan Pangan
Kementerian Pertanian bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten  melakukan terobosan sebagai solusi permanen dalam mengatasi gejolak harga pangan yaitu melalui kegiatan Gelar Pangan Murah Dalam Rangka Stabilisasi Harga. Kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis, rantai distribusi pemasaran yang terintegrasi agar lebih efisien, harga konsumen dapat ditransmisikan dengan baik kepada harga petani (produsen), informasi pasar antar wilayah berjalan dengan baik, dan mencegah penyalahgunaan marketpower oleh pelaku usaha tertentu.

Kegiatan Gelar Pangan Murah Dalam Rangka Stabilisasi Harga, yang merupakan salah satu solusi dalam sarana bagi konsumen/masyarakat untuk mengakses pangan dengan mudah pada harga yang wajar.
Rantai distribusi pemasaran yang terintegrasi agar lebih efisien dilakukan dengan melaksanakan pembinaan  peningkatan kemampuan manajerial, penyediaan, pengelolaan, dan penyaluran pangan serta Peningkatan kemampuan manajerial LUPM dan TTI dan  Gelar Pangan Murah berkualitas untuk membantu masyarakat menengah ke bawah untuk mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga yang terbilang murah, jauh di bawah harga pasar.
Gelar Pangan Murah yang di latar belakangi Fluktuasi pasokan dan harga komoditas   pangan yang terjadi selama ini tidak hanya dapat merugikan petani produsen, pengolah pangan, pedagang hingga konsumen, juga dapat mempersulit warga memperoleh pangan yang dibutuhkan, yang jika dibiarkan tidak hanya mempengaruhi pengendalian inflasi, juga bisa menimbulkan keresahan sosial. Untuk menjawab permasalahan sperti itu pemerintah terus berupaya untuk memberikan yagn terbaik bagi masyarakatnya maka dengan melalui Gelar Pangan Murah ini diharapkan harga pangan dapat menjadi stabil dan mudah dijangkau oleh masyarakat kecil dan menengah.
Diharapkan dengan adanya Gelar Pangan Murah ini yang di laksanakan di delapan kabupaten/Kelurahan yang ada di provinsi Banten dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat untuk menikmati belanja murah dan berkualitas, hal ini merupakan tujuan Pemerintah Provinsi Banten agar dalam kesempatan ini khususnya di Bulan Ramadhan masyarakat dapat merasakan berbelanja pangan murah yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi, hal ini akan sangat membantu sekali bagi masyarakat untuk memperoleh bahan pokok yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Lebak.- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak menyalurkan beras untuk masyarakat sejahtera hingga bulai Mei 2017 mencapai 5.332.208 kilogram (kg) dari total 19.121.760 kg yang dipersiapkan.

"Kami mengapresiasi penyaluran rastra mencapai 27,89 persen sehingga mencapai target nasional," kata Kepala Bidang Distribusi dan Pemanfaatan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak, Dani Hendarman saat dihubungi di Lebak, Jumat (19/5).

Demi Mencukupi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan. Pemerintah Kabupaten semakin gencar menyalurkan rasta.

Pendistribusian rastra hingga kini berjalan lancar ke 345 desa dan kelurahan sehingga memenuhi kebutuhan pangan juga dapat mengendalikan inflasi.

Saat ini, menjelang Ramadhan dipastikan harga kebutuhan bahan pokok melonjak.

Karena itu, pendistribusian rastra sangat membantu untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Masyarakat menerima rastra sebanyak 15 kilogram per KK dengan harga di tingkat titik distribusi sebesar Rp1.600 per kg.

Saat ini, jumlah penerima rastra di Kabupaten Lebak sebanyak 106.232 KK tersebar di 28 kecamatan.

"Kami hingga kini belum menerima laporan warga Lebak mengalami ancaman kerawanan pangan setelah penyaluran rastra berjalan lancar," katanya.

Menurut Dani, saat ini penyerapan rastra mencapai 27,89 persen atau 5.332.208 kilogram (kg) dari total pagu 19.121.760 Kg.

Penyerapan rastra itu tampak lancar setelah kepala desa atau lurah setempat mengajukan kepada Dinas Ketahanan Pangan.

Pengajuan rastra itu, kata dia, nantinya diusulkan ke Perum Bulog Divre Lebak-Pandeglang.

"Dengan pengajuan ke Bulog itu nanti langsung dipasok beras bersubsidi ke daerah bersangkutan," ujarnya menjelaskan.

Sejumlah ibu rumah tangga warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku bahwa mereka sangat terbantu adanya penyaluran rastra sehingga bisa mengurangi beban ekonomi keluarga.

Saat ini, harga beras jenis premium di pasaran kisaran Rp9.000 sampai Rp9.800 per kilogram.

Namun, mereka warga sangat lega setelah menerima rastra dengan harga murah dan terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah.

"Kami membeli rastra hanya Rp1.600 per kilogram dengan jatah sebanyak 15 Kg dan mencukupi selama 20 hari," kata Nurmanah (45) seorang ibu rumah tangga warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak.

Page 1 of 2